5 Rambut Paling Panjang Di Dunia

Rambut Paling Panjang

Dodkop.blogspot.com -  Dalam dongeng koleksi Cerita Anak Brother's Grimm yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1812. Karakter fiksi ini digambarkan sebagai sosok wanita cantik berambut panjang ( Rapunzel ). Siapa sangka, di dunia nyata pun kita bisa menemukan beberapa wanita dengan rambut panjang seperti Rapunzel.


Penasaran? Berikut adalah 5 Rambut Paling Panjang Di Dunia.


1.  Asha Mandela

Rambut Paling Panjang

Asha Mandela berhasil memecahkan rekor dunia untuk rambut gimbal terpanjang di dunia pada 2008. Warga Atlanta, Amerika, 50, ini juga dijuluki Black Rapunzel atau Rapunzel Hitam. Rambut gimbal Asha memiliki panjang mencapai 5,7 meter. Dia mulai memanjangkan rambut indahnya 25 tahun yang lalu, setelah ia pindah dari Trinidad-Tobago ke New York. 

Asha mencuci rambut gimbal seminggu sekali dengan menggunakan enam botol shaampo. Kemudian, dibutuhkan dua hari untuk membuat rambutnya benar-benar kering - saat basah rambutnya memiliki berat 11,3 kg. Sayangnya, keputusan Asha untuk memanjangkan rambut mengakibatkan dirinya menderita kelengkungan tulang punggung. Hal itu dikarenakan panjang dan berat rambutnya.


2. Dai Yue Qin

Rambut Paling Panjang

Dai Yue Qin, atau lebih dikenal sebagai Miss Dyq, adalah pemegang rekor Guinness untuk rambut terpanjang di dunia. Lahir pada bulan April 1964 di Tong Xiang di provinsi Zhejiang, China Selatan, Dai mulai memanjangkan rambutnya ketika berusia sekitar 14 tahun.

Panjang rambutnya kala itu mencapai 3,30 meter (10 kaki). Pada tahun 2001, ia kemudian pindah ke Amerika Serikat. Dibutuhkan sekitar satu sampai dua jam untuk menyisir setiap helai rambutnya. Sementara itu, untuk menyuci rambutnya, Dai menghabiskan sekitar lima sampai enam jam setiap dua minggu.


3. Natasha Moraes de Andrade

Rambut Paling Panjang

Pernah dengar dongeng tentang Rapunzel?  Seorang putri dengan rambut sangat panjang dan tinggal di sebuah menara tinggi. Baru-baru ini, seorang Rapunzel di dunia nyata, Natasha Moraes de Andrade, 12, menangis saat rambutnya yang sepanjang 1,6 m dipotong untuk pertama kalinya, seperti dilansir The Sun.

Natasha memotong rambutnya untuk membelikan orang tuanya sebuah rumah. Ia ingin memberikan kehidupan baru untuk keluarganya. Natasha dulu tinggal di perumahan kumuh di Rio de Janeiro. Dulu, ia bahkan tidak mampu melakukan hal-hal yang disukai oleh anak-anak seusianya seperti pergi ke pantai.

Natasha membutuhkan waktu 4 jam untuk mencuci rambutnya setiap minggu dan 1 1/2 jam untuk menyikatnya setiap hari. Kini, ia hanya menyisakan rambutnya sepanjang 40 cm. Alhasil, Natasha cuma membutuhkan waktu 5 menit untuk keramas.


4. Terelynn Russel dan ketiga putrinya

Rambut Paling Panjang

Tiga gadis ini mengikuti jejak ibu dengan membiarkan rambut mereka tumbuh panjang sehingga hampir menyentuh tanah. Terelynn Russel, yang tinggal di Morris, Illinois, bersama suami dan ketiga putrinya, memiliki rambut sepanjang 1,8 meter. Sekarang, anak-anaknya pun mengikuti jejak ibunya. Russel bahkan sempat menang di Longest Pony Tail Competitions di karnaval dan pameran tahunan.


5. Jiang Aixiu

Rambut Paling Panjang

Jiang Aixiu memiliki rambut sepanjang 3,6 meter dan tidak memotongnya selama 21 tahun terakhir ini. Semua itu dilakukannya karena rekomendasi dari seorang penata rambut pada tahun 1990. Rambutnya tumbuh 29 per tahun, tetapi Aixiu menegaskan, Saya tidak pernah makan makanan khusus atau menggunakan shampo khusus. 

Meskipun Aixiu sebelumnya menolak 10.000 yuan (Rp 18 juta) untuk rambutnya, dia sekarang berencana untuk memotongnya, karena dokter mengatakan bahwa rambutnya telah menyerap terlalu banyak nutrisi dari kepalanya.


Sumber : merdeka.com