5 Jembatan Paling Ekstrem Di Dunia

Dodkop.blogspot.com - Suatu kota atau negara bisa terkenal karena jembatan spektakuler yang mereka punya. Jembatan tersebut dibangun sebagai penghubung antar kota atau bahkan pulau. Pembangunan suatu jembatan memiliki dua tujuan dasar, yakni manfaat dan inspirasional.

Seperti dilansir dari travelandleisure.com, berikut adalah 5 Jembatan Paling Ekstrem Di Dunia dengan segala bentuk, ukuran, dan ketinggian.


1. Gateshead Millennium Bridge

Jembatan Paling Ekstrem


Gateshead Millennium Bridge adalah sebuah jembatan untuk pengendara sepeda dan pejalan kaki yang membentang di atas Sungai Tyne di Inggris. Menariknya, jembatan ini dinobatkan sebagai jembatan dengan kemiringan paling ekstrem di dunia. Anda bisa membuktikannya dengan melihat foto di atas ini.

Jembatan ini pada dasarnya mencakup dua kurva, satu membentuk dek dan yang satunya mendukung lainnya. Karena bentuknya kalau dilihat dari atas terlihat seperti mata yang berkedip, jembatan ini sering disebut Blinking Eye Bridge atau Winking Eye Bridge. Jembatan ini, sebagaimana dilansir amusingplanet, biasanya berputar sebanyak 40 derajat per 45 menit atau tergantung pada kecepatan angin.

Saking kerennya, jembatan ini juga berhasil memenangkan beberapa penghargaan, seperti Wilkinson Eyre the 2002 Royal Institute of British Architects (RIBA) Stirling Prize, the 2003 Gifford IStructE Supreme Award, dan pada 2005, the Outstanding Structure Award from International Association for Bridge and Structural Engineering ( IABSE ).


2. Linn Viaduct Cove

Jembatan Paling Ekstrem

Linn Viaduct Cove adalah jembatan indah sepanjang 379 meter yang meliuk di sekitar lereng Gunung Grandfather di North Carolina. Selesai dibangun pada tahun 1987, dengan biaya sebesar USD 10 juta ( atau sekitar Rp 97 miliar ), jembatan ini dianggap sebagai salah satu jembatan paling ekstrem di dunia.

Jembatan ini dibangun untuk meminimalisir kerusakan jalan di kaki gunung. Didukung oleh tujuh pilar-pilar besar, jembatan yang tampak seperti melayang di udara ini, berdiri kokoh tanpa gangguan. Untuk menghindari kerusakan lingkungan, tidak ada akses jalan yang dibangun untuk mengangkut alat berat ke daerah gunung.

Sebagaimana dilansir amusingplanet, hal paling menarik yang perlu digarisbawahi dari pembangunan jembatan ini adalah bagaimana cara membangun jalan di ketinggian 4.100 kaki tanpa merusak salah satu daerah pegunungan tertua di dunia.Untuk itu, para insinyur pun melakukan studi dan skema rekayasa sejak awal 1970-an dalam merampungkan pembangunan jembatan.


3. Jembatan Aiguille du Midi

Jembatan Paling Ekstrem

Jangan pernah melihat ke bawah Untuk bisa mencapai jembatan ini, Anda membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan naik mobil listrik. Jembatan ini memiliki tinggi 3842 meter di atas permukaan laut. Dari sini, para wisatawan dapat menikmati panorama Pegunungan Alpen yang terjal dan curam.


4. Jembatan Carrick-a-Rede Rope

Jembatan Paling Ekstrem

Para nelayan membangun jembatan ini untuk menangkap ikan di pulau seberang. Dulu jembatan ini lebih mengerikan daripada sekarang. Dulu, jembatan ini hanya memiliki pegangan tunggal, namun kini the National Trust sudah membuat struktur yang lebih kokoh dengan dua pegangan. Jembatan ini memiliki panjang 19 meter dan berada pada ketinggian 30 meter di atas karang.


5. Jembatan Capilano Suspension

Jembatan Paling Ekstrem

Jembatan yang asli dibangun pada tahun 1889 dan mempunyai suspensi sederhana. Selain itu, jembatan ini juga menawarkan panorama hutan cemara yang hijau. Suspensi jembatan ini memiliki panjang 137 meter dan berada pada ketinggian 70 meter.

Nah, itulah 5 Jembatan Paling Ekstrem Di Dunia yang tidak hanya menantang adrenalin Anda, tetapi juga menawarkan pemandangan luar biasa.


Sumber : merdeka.com