7 Hari Raya Paling Aneh Di Dunia Yang Diperingati Setiap Bulan Juli

Dodkop.blogspot.com - Hari raya umumnya didedikasikan untuk memperingati peristiwa penting atau untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai isu-isu yang dianggap penting seperti masalah pemanasan global dan AIDS. Tetapi kadang ada juga hari raya yang bertujuan untuk memperingati hal-hal sepele seperti ikan lele, donat, atau status perawan tua. 

Meskipun terdengar tak masuk akal, tetapi hari raya seperti ini memang benar-benar ada. Biasanya hari-hari besar tersebut mempunyai maksud dan tujuan tertentu. Tetapi tak jarang pula yang dirayakan untuk sekadar bersenang-senang. Bulan Juli ini pun diwarnai hari-hari besar dengan tema unik dan konyol.

Mau tahu apa saja? Berikut adalah 7 Hari Raya Paling Aneh Di Dunia Yang Diperingati Setiap Bulan Juli seperti dirangkum dari Mental Floss dan The FW.


2 Juli - Hari UFO Dunia

Hari Raya Paling Aneh Di Dunia


Benar sekali, meskipun keberadaan UFO masih simpang siur antara fakta dan fiksi ilmiah, namun hari untuk makhluk luar angkasa ini sudah ada sejak tahun 2001. Penggagasnya adalah sebuah kelompok pemerhati fenomena UFO yang menyebut diri mereka sendiri sebagai UFOlogoists.

Menurut situs resmi Hari UFO Dunia, perayaan ini ditujukan untuk mereka semua yang mempercayai keberadaan makhluk cerdas dari luar angkasa tersebut beserta teori konspirasi yang mengindikasikan pengetahuan pemerintah berbagai negara mengenai UFO yang dirahasiakan kepada khalayak.Untuk itu pada Hari UFO Dunia para 'pecinta' UFo ini biasanya berdemonstrasi untuk mendorong pemerintah agar mengumumkan pengetahuan mereka tentang UFO yang selama ini ditutup-tutupi.


3 Juli - Hari Pujilah Cermin Anda

Hari Raya Paling Aneh Di Dunia

Hari raya yang satu ini cukup aneh karena terdengar konyol. Setiap tanggal 3 Juli setiap orang di anjurkan untuk berdiri di depan cermin dan memuji bayangan mereka yang terpantul di sana. Katakan kepada pantulan wajah Anda kalau dia cantik atau tampan.Hari raya ini sebenarnya ditujukan sebagai bentuk rasa prihatin atas rendahnya rasa percaya diri generasi kaum muda terhadap penampilan asli mereka hingga banyak yang menderita body dismorphic disorder.

Body Dismorphic disorder adalah gangguan kejiwaan di mana seseorang merasa tidak puas berlebihan dengan kondisi fisiknya dan ketagihan operasi plastik. Tujuan dari hari raya ini adalah untuk mengingatkan kembali pada semua orang kalau mereka cantik apa adanya dan harus bangga dengan diri sendiri.


4 Juli - Sidewalk Egg Frying Day

Hari Raya Paling Aneh Di Dunia

Jika disebutkan tentang 4 Juli barangkali yang terlintas di benak hampir semua orang adalah hari kemerdekaan Amerika Serikat. Tetapi selain hari perayaan deklarasi kedaulatan Amerika Serikat, pada tanggal 4 Juli juga dirayakan Sidewalk Egg Frying Day. Pada hari ini orang-orang yang tinggal di daerah dengan suhu udara tinggi akan mencoba menggoreng telur dengan tenaga surya.

Istilah sidewalk egg frying sendiri berasal dari ungkapan yang sering dipakai oleh penduduk lokal saat hari sedang panas-panasnya, yaitu di luar begitu panas sampai Anda bisa menggoreng telur sampai matang. Biasanya pada hari ini orang-orang yang tinggal di Oatman atau Arizona akan memasang taruhan untuk perlombaan menggoreng telur di bawah matahari.


6 Juli - Hari Mencium Internasional

Hari Raya Paling Aneh Di Dunia

Sebelumnya tanggal 6 Juli dikenal sebagai Hari Mencium Nasional di Inggris. Tetapi sekarang hari tersebut diadaptasi menjadi hari raya internasional. Setiap 6 Juli orang disarankan untuk memberikan ciuman bagi orang-orang terdekat. Jika Anda mau, mencium orang yang Anda temui di jalan pun boleh.

Hari raya ini diciptakan untuk mengingatkan kita semua akan kebahagiaan sederhana yang bisa dibawa oleh satu ciuman manis. Bagaimanapun ciuman memang suatu bentuk ekspresi cinta dan kasih sayang yang paling universal.


10 Juli - Teddy Bear Picnic Day

Hari Raya Paling Aneh Di Dunia

Tanggal 10 Juli berarti waktunya hari piknik dengan boneka Teddy Bear. Pada awal abad 20, John Walter Bratton menggubah lagu instrumental berjudul The Teddy Bear's Picnic. Pada akhir 1980-an, perusahaan pialang barang-barang koleksi Royal Selangor memutuskan untuk mengabadikan lagu itu menjadi hari libur nasional. 

Perusahaan tersebut juga memiliki ide untuk mudah merilis berbagai produk mainan dan barang-barang koleksi setiap tanggal 10 Juli. Terlepas dari motifnya yang bersifat komersil, hari ini tetap menjadi hari libur nasional yang populer di seluruh Eropa dan Australia sampai sekarang.


14 Juli - Hari Telanjang Nasional

Hari Raya Paling Aneh Di Dunia

Kalau yang satu ini, dari namanya saja sudah terdengar konyol. Hari raya yang pertama kali muncul di Selandia Baru ini merupakan hari libur non-publik. Pada tanggal ini semua orang dianjurkan untuk merayakan sosok alami mereka di depan umum, dengan kata lain telanjang.Sama seperti konsep hari-hari raya lain yang juga bertema ketelanjangan, inti dari hari raya ini adalah pembebasan diri dan pikiran dari segala aturan dan norma yang biasanya mengungkung.


15 Juli - Hari Es Krim Nasional

Hari Raya Paling Aneh Di Dunia

Pada tahun 1984, Ronald Reagan menyatakan bulan Juli sebagai National Ice Cream Month, dan hari Minggu ketiga bulan tersebut sebagai National Ice Cream Day. Sejak itu tanggal 15 Juli selalu diperingati oleh warga Amerika Serikat sebagai Hari Es Krim Nasional. Tentu saja untuk merayakannya warga negara Paman Sam tersebut memakan berbagai jenis es krim dalam jumlah besar.

Saat hari raya ini biasanya akan sering dijumpai diskon untuk produk-produk es krim.Kalau belum cukup dengan hari es krim nasional, dua hari kemudian yaitu tanggal 17 Juli akan dirayakan hari es krim persik nasional. Apalagi yang dirayakan kalau bukan es krim rasa buah persik atau peach? Reagan memang sering meresmikan hari raya yang aneh-aneh. Selain hari es krim nasional, sang mantan presiden juga pernah meresmikan hari ikan lele nasional.


Sumber : merdeka.com